Berbagai Larangan untuk Wasit dan Juri One Pride MMA

Minggu, 12 Maret 2017 | 12:05 WIB

Berbagai Larangan untuk Wasit dan Juri One Pride MMA
Pelatihan dan sertifikasi wasit dan juri Komite Olahraga Beladiri Indonesia

VIVA.co.id – Komite Olahraga Beladiri Indonesia, atau KOBI telah menggelar seminar dan pelatihan wasit, serta juri untuk One Pride Mixed Martial Arts. Acara tersebut digelar pada Minggu 12 Maret 2017, di The Bridge, kawasan Rasuna Office Park, Jakarta.

Ada 18 calon wasit dan juri yang ikut dalam seminar dan pelatihan kali ini. Mereka merupakan calon wasit dan juri terpilih yang sudah mengirimkan CV, saat masa rekrutmen dibuka.

“Jadi, Dewan Wasit memeriksa CV mereka terlebih dulu. Rekam jejaknya dipantau, baru kami panggil,” kata Ketua Umum KOBI, Anindra Ardiansyah Bakrie, saat ditemui VIVA.co.id.

Seminar dan pelatihan digelar sejak pukul 09.30 WIB. Dewan Wasit langsung memberikan materi terkait peraturan dasar pertandingan MMA. Ini adalah bekal terpenting yang harus dimiliki oleh wasit dan juri.

“Keselamatan dan prestasi atlet MMA bergantung pada kualitas wasit, serta juri. Jadi, mereka juga harus berkualitas,” terang Ardi.

Lebih lanjut, Ardi menegaskan, setiap wasit dan juri harus memiliki wibawa dan independensi dalam memimpin sebuah pertandingan. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan wasit serta juri dalam bersikap di dalam dan luar arena.

Tak mengonsumsi alkohol sebelum memimpin laga, dilarang merokok selama bertugas, mengatur jarak komunikasi dengan petarung, dan lainnya, menjadi poin penting yang harus diperhatikan oleh para wasit dan juri.

“Kami mau mencari wasit dan juri yang berkualitas. Jadi, seminar dan pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas mereka. One Pride MMA pun memiliki stok wasit dan juri yang banyak. Jujur, kami kekurangan jumlah wasit dan juri,” terang Ardi.

Ada 18 peserta yang ikut dalam seminar dan pelatihan wasit One Pride MMA kali ini. Seminar dan pelatihan wasit kali ini merupakan yang kedua di triwulan 2017.

Sebelumnya, KOBI sudah menggelar acara serupa dan mendapatkan 15 wasit dan juri yang baru. “Mudah-mudahan di kesempatan ini, semuanya lulus,” ujar Ardi.

Ref: http://www.viva.co.id/onepride/berita/read/892999-berbagai-larangan-untuk-wasit-dan-juri-one-pride-mma

 

Advertisements
Categories: Info | Tags: , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: